Cara Ternak Bebek Pedaging Bagi Pemula

   Usaha ternak bebek adalah salah satu usaha yang bisa mendapatkan keuntungan yang  cukup besar apalagi kalau kita serius dan memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah bebek.Di internet ada banyak sekali informasi yang dapat kita pelajari dan kemudian kita praktekkan,mulai dari cara ternak bebek petelur,tehnik pembuatan kandang yang benar,cara buat pakan fermentasi untuk bebek untuk menghemat pengeluaran,masalah penyakit dan cara penanggulangannya semuanya kumplit tinggal kita rajin-rajin saja mencari informasi.Kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang cara ternak bebek pedaging hasil penelusuran saya di rumah mbah google.
     Sebelum memulai uasaha ternak bebek kita harus memahami beberapa hal penting yang sangat berpengaruh dalam usaha ternanak bebek pedaging yaitu masalah bibit,pakan,kandang dan penyakit yang menyerang ternak.


BIBIT 


Untuk bebek pedaging terbagi menjadi beberapa jenis,bebek lokal jantan,bebek hibrida dan bebek peking.


# Bebek lokal jantan 


Bebek lokal memang bukan jenis bebek pedaging murni, konversi ransum yang tinggi,membuat para peternaknya kewalahan memelihara jenis ini karena bobotnya yang cukup sulit dikejar dan memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan bebek pedaging dari jenis yang lain.Jenis-jenis bebek lokal yang terkenal adalah bebek Tegal, bebek Mojosari, bebek Solo, bebek Indramayu dan bebek Alabio.


# Bebek peking


 Bebek yang berasal dari Peking China dimana bulunya di dominasi warna putih dengan paruh dan kaki berwarna kuning, memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Sekilas bebek peking ini mirip dengan mentok,dalam waktu 45 haribobot  bebek ini bisa mencapai 1,3 kg.


# Bebek hibrida adalah bebek hasil persilangan


Bebek ini biasanya memiliki warna bulu campuran ada yang hitam,coklat,belang seperti entog atau putih seperti peking.Jenis-jenis bebek hibrida di bedakan berdasarkan hasil persilangan antara bebek apa dengan bebek apa.Secara sederhana mungkin kualitas bebek hibrida bisa dilihat dari hasil persilangan sebagai berikut
- dod hibrid super < persilangan jantan peking dengan betina hibrid>
- dod hibrid biasa < persilangan jantan peking dengan betina lokal>
- dod hibrid lokal < persilangan jantan hibrid dengan betina lokal>


Persaratan memilih dod yang baik untuk bebek pedaging usia adalah

    Bobot minimal 40 gram.
    Bulu bersih dan kering.
    Nafsu makan besar
    Umur DOD 4 hari
    Tubuh tegap, mata jernih, kaki kokoh
    Tidak cacat
    Bebas dari penyakit unggas


PAKAN


Cara pemberian pakan pada dod usia 1-7 hari dilakukan sesering mungkin bisa sehari 5 kali ini bertujuan untukmerangsang nafsu makan pada itik.Sebaiknya pada usia 1-14 hari total di beri makan konsentrat pabrikan yaitu 511/BR 1 atau yang setara,selama mengkonsumsi pakan pabrikan itik di beri minuman yang di campur dengan SSG <suplemen super grow>apa itu SSG klik di sini dengan komposisi 5 liter air di campur dengan 10 ml SSG.Pada usia 15 hari sampai panen kita beri pakan campuran formulanya 40% pakan pabrikan 60%bikinan sendiri baca di cara buat pakan untuk bebek.


KANDANG
 

Dalam hal ini kandang di bagi menjadi 3 tipe teman-teman bisa memilih sesuai dengan anggaran yang tersedia

 1. Tipe kandang battery



Dalam tipe kandang ini, ternak dikandangkan satu persatu dalam satu kotak dengan ukuran yang hanya cukup untuk 1 ekor itik peking/peking duck dewasa, dengan ukuran kandang panjang x lebar x tinggi (45 x 45 x 35 cm). Dengan tipe kandang ini biaya untuk kandang relatif lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tipe kandang yang lain. Dengan tipe kandang battery ini, maka sistem perkawinannya harus menggunakan kawin buatan (insiminasi buatan) yang dilakukan oleh tenaga manusia yang ahli dalam insiminasi buatan dengan istilah inseminator. Pada tipe kandang ini kondisi ternak maupun produksi telur dari pada itik peking/peking duck bisa terkontrol secara satu persatu, apakah produktivitasnya tinggi atau rendah, begitu juga dalam pengontrolan penyakitnya akan lebih mudah terkontrol.

2. Tipe kandang postal



Dalam usaha ternak itik yang menggunakan tipe kandang postal, di mana ternak-ternak peliharaan ditempatkan dalam satu ruangan besar dengan jumlah ternak tertentu, di mana pemberian makan dan minuman ditempatkan di dalam ruangan kandang, sehingga ternak itik yang dipelihara selalu berada di dalam ruangan, biasanya tipe ini dalam pemeliharaan itik hanya digunakan untuk itik starter dan grower/masa pertumbuhan tetapi adakalanya digunakan untuk itik periode layer. Kapasitas itik untuk tipe kandang postal ini tergantung dari pada jenis itik yang dipelihara apakah jenis itik starter atau itik grower, untuk umur itik periode starter kapasitas kandang yang digunakan yaitu sekitar 10 - 15 ekor/m2, sedangkan apabila digunakan untuk preiode grower yaitu sekitar 6 - 8 ekor/m2, seandainya digunakan untuk periode layer kapasitas kandang sekitar 3 - 5 ekor/m2.

3. Tipe kandang ranch



Tipe kandang ranch ini merupakan pengembangan dari tipe kandang postal, di mana dalam kandang tipe ranch ini selain ada ruangan tempat ternak juga di bagian luar/di halaman depannya disediakan halaman tempat bermain yang biasa dikenal dengan nama kandang umbaran yang dilengkapi dengan saluran air atau kolam, yang berfungsi untuk mandi/membersihkan kotoran yang menempel di badannya serta berfungsi pula untuk mendinginkan tubuh di waktu siang hari, hal ini disebabkan itik peking merupakan jenis unggas yang tidak tahan terhadap panas, sehingga harus disediakan air untuk pendingin tubuhnya. Tipe kandang ini lebih cocok untuk pemeliharaan ternak unggas air dengan cara peking.


PENYAKIT


Pisahkan bebek yang terserang penyakit dengan  bebek yang sehat ini bertujuan agar mudah dalam proses pengobatan,berikut adalah beberapa panyakit yang sering menyerang bebek

# Berak Kapur:
Ditandai kotoran itik berwarna hijau dengan bercak putih, gangguan kesehatan ini di duga karena bakteri Salmonella typhimurium. Pengobatan yang dianjurkan memberikan Nitrofuran, Sulfa atau anti biotik lainnya, salah satunya dengan mencampur pakan dengan Furasodidon 0,0011 %.
#Itik lumpuh:
Penyebab, makanan basi atau kadaluwarga, makan bangkai atau terlalu banyak berada di tanah becek. Mengatasinya telankan butiran es batu. Dianjurkan tidak memberikan pakan nabati yang berjamur. Seperti jagung dan bungkil yang sudah lama. Pakan kadaluwarsa ini mengandung Aspergillasis flavur yang dapat meracuni sehingga menyebabkan kelumpuhan.
#Tidak Nafsu Makan:
Campurkan di air minum 1 liter dengan probiotik SSG 2.5 ml atau trace elemen lainnya dan vitamin.
#Gangguan Tenggorokan:
Adanya cacing yang menempel di tenggorokan, cara menanggulanginya dengan mencabut cacing yang menempel dengan pinset, setelah itu diberikan obat Tetrachlor.


sekian dulu tulisan dari saya semoga berman faat dan baca juga ternak bebek hibrida 10 hari sekali panen .
Previous
Next Post »
0 Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Featured

Ad Home

LightBlog